Translator

Kamis, 26 April 2012

" Internetan dapat Uang "

 
" Umurku sudah 22 tahun kak, aku bingung menentukan masa depan " deretan kalimat ini masuk inbox hp saya, "ada apa lagi nih anak ?" tanya saya dalam hati. Kebiasaan dari salah satu teman pesbuk saya ini memang demikian, ia akan tiba-tiba mengirim sms bertubi-tubi pada saya jika ia sedang ada atau dalam masalah. Tapi saat itu saya tidak serta merta menjawab, saya juga bingung jawaban tepat seperti apa yang harus saya berikan. Setelah berfikir cukup lama saya akhirnya membalas sms-nya dengan kalimat singkat saja "jangan bingung! ada apa?" balas saya.

Dari percakapan awal diatas tadi, akhirnya teman saya ini bercerita pokok permasalahan yang sedang ia hadapi.  Ia bercerita bahwa ia mempunyai masalah yang belum terselesaikan dengan orang tuanya. "Masalah apakah itu ?" tanya saya kemudian. "Semua orang menentang semua yang saya kerjakan", katanya "mereka menganggap kalau kegemaran saya akan komputer ini tidak ada manfaatnya" urainya lagi, "jadi?" tanya saya, "ya, orang tuaku menganggap semua kegiatanku dengan komputer itu tidak ada manfaatnya dan hanya sebuah kesia-siaan saja, ini yang menyebabkan aku dengan orang tuaku mempunyai masalah yang belum terselesaikan sampai saat ini" ujarnya lebih gamblang.

"I got it ...". Ya, saya mengerti sekarang, mengapa teman saya ini selalu bilang bahwa ia masih mempunyai persoalan yang sampai saat ini belum terselesaikan dengan orang tuanya. Saya sebagai orang yang dituakan oleh teman saya ini # emang udah tua juga sih hiks mencoba melihat persolan dengan lebih bijak # maksudnya sok bijak, halah !  mencoba melihat dari sisi orang tuanya, apa yang menyebabkan orang tuanya tidak berkenan dengan semua kegiatannya itu. "Mungkin karena orang tuamu belum melihat hasil dari apa yang kamu kerjakan" kata saya mencoba menjawab kegelisahannya, dan kemudian sayapun mencoba menyelipkan kisah kesuksesannya Bill Gate menjadi seorang milyuner berawal dari kesukaanya akan dunia komputer diantara jawaban-jawaban yang saya berikan padanya. 

Gimana caranya ya  ???
Sahabat, rasanya tidak bijak jika jawaban yang diberikan hanya berasal dari saya, sedangkan saya sendiri masih sangat awam dan gaptek dalam dunia komputer/internet. Jadi saya rasa pertanyaan-pertanyaan teman saya tersebut, akan menjadi afdol jika dijawab oleh orang yang lebih berkompeten seperti anda para sahabat blogger.

Pertanyaan teman saya itu saya coba tuangkan disini, mengingat banyak diantara sahabat yang bisa mendapatkan uang dengan komputer/internet , sehingga dengan urun rembuk sahabat semoga kegelisahan teman saya ini bisa terjawab, ini dia pertanyaannya :
  1. Apakah orang yang gemar bermain komputer/internet itu pemalas ?
  2. Apakah dengan komputer/internet kita bisa mendapatkan uang ?
  3. Dengan cara bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari berinternetan ?

Assiikk banget nih kalau bisa begini ... !!!

Semoga dengan urun rembuk dari para sahabat blogger semua, kegelisahan teman saya ini bisa terjawab dan akhir kata saya ucapkan terimakasih atas partisipasinya.       # hiks kok jadi serius banget ya ?


Note : Asli di tunggu urun rembuknya ya, tengkiu.


Salam

Jumat, 20 April 2012

Muda itu Pilihan


"Idiih kamu kok tua banget sih, Cha !"  kata boss finance saya. "Masa sih ?" tanya hati saya tak percaya sambil melirik kearah kaca kecil depan komputer untuk memastikan kata-katanya tersebut. Setelah sekilas melirik, ada keyakinan untuk meng-amin-kan kata-katanya. Tapi hati kecil saya menolak untuk meng-iya-kan. Gak mungkin. Itu bukan aku. Tolak hati saya.

Omongan sekilas dari boss finance ini cukup membuat saya memperhatikan raut wajah saya di depan kaca dengan seksama, kemudian berlanjut ke arah rambut.  # heh, tampaknya memang saya sudah mulai tua, karena saya melihat ada beberapa rambut putih muncul ketika saya mencoba meneliti rambut. "Waaahhh saya sudah tua" , teriak hati saya.
   
Dulu                               Sekarang
                              
Kata-kata boss finance ini sempat saya lontarkan pada pasangannya saya, bukannya menolak pendapatnya boss saya tersebut, Ia malah bilang "Lah iyalah, liat aja rambut kamu itu diiket kaya nenek-nenek aja, bukannya dirawat !", tambahnya tanpa merasa bersalah sedikitpun. haduh, bukannya memuji malah menambah arti kejelekan diriku. # halah, kumaha ieu.


Tua itu pasti tapi berjiwa muda itu pilihan. Menjadi tua itu adalah hukum alam tapi memiliki jiwa muda itu pilihan saya 


Daripada semua komplain pada saya, saya harus mulai berbenah diri. Dimulai dengan memperhatikan penampilan saya. Yang pertama harus saya lakukan adalah memperbaiki diri alias merawat tubuh jasmani dulu supaya saya terlihat lebih menarik dan tetap segar dan enak diliat tentunya meski sudah tua # hehe ngaku tua juga akhirnya. Tapi apakah kemudian saya harus berpakaian seperti anak muda juga ?  oh no, saya tidak harus seperti itu. Saya harus tetap menjadi seorang wanita dewasa yang tidak perlu mendadak berpakaian seperti ABG saja # itu namanya ganjen ah. Oya, tentunya saya harus memperbaiki spiritual saya juga, sehingga saya lebih baik tidak hanya secara fisik tetapi jiwa juga. Berjiwa muda berarti SEMANGAT muda. Semangat itulah yang harus saya miliki, sehingga saya bisa hidup dengan jiwa muda.


Buat para sahabat yang punya jiwa muda ... chayooo !!


NB : Yang muda belum tentu punya jiwa muda loh

Salam

Senin, 09 April 2012

Mimpi itu Doa


Malam itu * Selasa 27-03-12 tanpa sengaja saya menonton acara penghargaan "Panasonic Gobel Awards 2012" di salah satu stasiun tv swasta. Saat itu sedang dibacakanlah salah satu penghargaan untuk kategori "Lifetime Achievement Award Panasonic Gobel Awards 2012" yang diberikan kepada Karni Ilyas (Bang One). Dalam sambutannya Karni Ilyas bercerita akan mimpinya dimasa kecil  -- Ia yang hanya seorang piatu dan berasal dari desa kecil, saat itu Ia mempunyai mimpi menjadi wartawan --  "Mimpi saya cuma satu, menjadi wartawan", katanya, dan jika kelak Ia harus meninggalkan dunia fana ini dan seumpama Ia diberi kesempatan kedua untuk hidup, keinginannya tetap satu ingin menjadi wartawan dan " Mimpi itu Doa" urai beliau. --


Mimpi itu doa. Saya merasa mendapatkan pencerahan dengan kata-kata beliau ini. Dengan memiliki mimpi itu berarti doa buat kita untuk mencapai apa yang kita impikan. Saya jadi teringat dengan mimpi-mimpi saya sendiri, dan saya jadi sadar,  bahwa jika kita punya mimpi artinya kita punya doa untuk mimpi tersebut. Sebuah pencerahan Bang One  * terimakasih banyak.


Sahabat, jika sahabat pernah bermimpi kejatuhan bulan yang katanya artinya akan mendapat rejeki yaitu lahirnya seorang anak atau bermimpi bertemu ular yang katanya artinya akan mendapatkan jodoh atau mungkin mimpi kejatuhan durian rontok yang katanya akan mendapat rejeki nomplok  # padahal kejatuhan durian yang bener itu bonyok hehe !!  nah kalau yang itu semua,  namanya mimpi si bunga tidur bukan mimpi seperti yang dimaksud diatas hehehe. Mimpi disini sama dengan cita-cita, jika kita punya mimpi maka raihlah mimpi itu karena sahabat sudah memiliki doa untuk mencapai itu. Dengan memiliki mimpi sebenarnya seluruh raga dan jiwa kita dengan sendirinya mengarah ke impian tersebut untuk pencapainya.


                                         Hidup itu harus punya mimpi, sehingga hidup lebih hidup.


Kekuatan mimpi itu sungguh luar biasa. Mimpi itu seperti doa yang tidak terputus.


Sahabat,
Apakah kita masih punya mimpi ?
Apakah mimpi-mimpi itu sudah tercapai ?
Atau apakah belum tercapai ?
Jawabannya semuanya berpulang dari kekuatan mimpi tersebut, mimpi-mimpi kita bisa terwujud karena mimpi itu doa dan kekuatan mimpi sama dengan kekuatan doa .


Milikilah mimpi sehingga kita punya doa untuk mencapainya.
Mengutip kata inspiratif dan bijak dari  Martin Luther King, Jr.  " I Have A Dream "  --   saya punya mimpi.
Jangan pernah berhenti bermimpi.
Semua berawal dari mimpi.


Salam