Translator

Kamis, 26 April 2012

" Internetan dapat Uang "

 
" Umurku sudah 22 tahun kak, aku bingung menentukan masa depan " deretan kalimat ini masuk inbox hp saya, "ada apa lagi nih anak ?" tanya saya dalam hati. Kebiasaan dari salah satu teman pesbuk saya ini memang demikian, ia akan tiba-tiba mengirim sms bertubi-tubi pada saya jika ia sedang ada atau dalam masalah. Tapi saat itu saya tidak serta merta menjawab, saya juga bingung jawaban tepat seperti apa yang harus saya berikan. Setelah berfikir cukup lama saya akhirnya membalas sms-nya dengan kalimat singkat saja "jangan bingung! ada apa?" balas saya.

Dari percakapan awal diatas tadi, akhirnya teman saya ini bercerita pokok permasalahan yang sedang ia hadapi.  Ia bercerita bahwa ia mempunyai masalah yang belum terselesaikan dengan orang tuanya. "Masalah apakah itu ?" tanya saya kemudian. "Semua orang menentang semua yang saya kerjakan", katanya "mereka menganggap kalau kegemaran saya akan komputer ini tidak ada manfaatnya" urainya lagi, "jadi?" tanya saya, "ya, orang tuaku menganggap semua kegiatanku dengan komputer itu tidak ada manfaatnya dan hanya sebuah kesia-siaan saja, ini yang menyebabkan aku dengan orang tuaku mempunyai masalah yang belum terselesaikan sampai saat ini" ujarnya lebih gamblang.

"I got it ...". Ya, saya mengerti sekarang, mengapa teman saya ini selalu bilang bahwa ia masih mempunyai persoalan yang sampai saat ini belum terselesaikan dengan orang tuanya. Saya sebagai orang yang dituakan oleh teman saya ini # emang udah tua juga sih hiks mencoba melihat persolan dengan lebih bijak # maksudnya sok bijak, halah !  mencoba melihat dari sisi orang tuanya, apa yang menyebabkan orang tuanya tidak berkenan dengan semua kegiatannya itu. "Mungkin karena orang tuamu belum melihat hasil dari apa yang kamu kerjakan" kata saya mencoba menjawab kegelisahannya, dan kemudian sayapun mencoba menyelipkan kisah kesuksesannya Bill Gate menjadi seorang milyuner berawal dari kesukaanya akan dunia komputer diantara jawaban-jawaban yang saya berikan padanya. 

Gimana caranya ya  ???
Sahabat, rasanya tidak bijak jika jawaban yang diberikan hanya berasal dari saya, sedangkan saya sendiri masih sangat awam dan gaptek dalam dunia komputer/internet. Jadi saya rasa pertanyaan-pertanyaan teman saya tersebut, akan menjadi afdol jika dijawab oleh orang yang lebih berkompeten seperti anda para sahabat blogger.

Pertanyaan teman saya itu saya coba tuangkan disini, mengingat banyak diantara sahabat yang bisa mendapatkan uang dengan komputer/internet , sehingga dengan urun rembuk sahabat semoga kegelisahan teman saya ini bisa terjawab, ini dia pertanyaannya :
  1. Apakah orang yang gemar bermain komputer/internet itu pemalas ?
  2. Apakah dengan komputer/internet kita bisa mendapatkan uang ?
  3. Dengan cara bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari berinternetan ?

Assiikk banget nih kalau bisa begini ... !!!

Semoga dengan urun rembuk dari para sahabat blogger semua, kegelisahan teman saya ini bisa terjawab dan akhir kata saya ucapkan terimakasih atas partisipasinya.       # hiks kok jadi serius banget ya ?


Note : Asli di tunggu urun rembuknya ya, tengkiu.


Salam

20 komentar:

  1. Ane coba jawab ya?

    1. Pemalas? Itu salah besar. Justru berhubungan dengan komputer itu membutuhkan ketekunan dan fokus luar biasa.
    2. Mendapatkan uang? Sangat bisa sekali, tergantung keahlian orang tersebut. Misalkan programming, membuat website/blog, blogger yang menjadi publisher iklan, bahkan pemilik perusahaan internet seperti Facebook dan Google. Semua kembali ke pribadi masing-masing.
    3. Sudah terjawab di nomer 2 sebelum ini. :)

    Jadi kembali ke pribadi masing-masing. Mengenali keahlian dan fokus itu kuncinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah thank nih masukannya, biar menjadi rujukan buat temanku.
      Yes mengenali keahlian & fokus ya mas, setuju :)

      Hapus
  2. wew, ini nih yg kudu di lurusin, wedewwww ...
    1. komputer dan internet adalah tekhnologi tinggi jadi kalau dibilang pemalas itu sala besar.
    2. komputer sendiri bisa menghasilkan uang tanpa internet, misalkan nerima jasa mengetik, desain gambar, atuw nyervice. kl pake internet bisa lebih wah lagi, bisa pasang iklan di blog, atau seperti yg sobat i2 Harmony bilang.
    3. bisa dengan minta iklan dengan daftar google adsense, IBN atau iklan ppc lainnya dan itu menghasilkan uang lho.
    sekian dan terima kasih.
    wew, ini resmin banget ya komentar gw, hihiy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widiih serius banget nih jawabannya hehe :)
      Thanks ya, semoga jawaban2 StumonK bisa menjadi inspirasi buat temanku.
      Pokoke Thanksssss yaa .. !

      Hapus
  3. Jawabanku mungkin antagonis ya mbak ?
    Bisa iya bisa tidak. Biasanya yang gemar banget internetan jadi malas maka, malas mandi, malas cuci piring dll. Tetapi jika memang dia punya keahlian programing, design grafis tentu bisa jadi mesin dolar jika diiringi jiwa enterprenour yang kuat. Caranya ya bisa jadi servis komputer dan instalasi jaringan, web designer, Buat e-book, Buka kursus komputer dan internet. Tentu banyak sekali peluang bisnis yang bisa dijalani.

    (Wah, aku kok dadi sok bijak yo hahhaha....)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya juga sih kalau jadi malas makan,mandi etc kan lagi nanggung googling hehehe ....

      Jawabannya siiipp Cukup Bijak :)

      Hapus
  4. Memang selalu ada dampak negatif dan positifnya sih, pernah di bahas di blog gw tapi lupa yang mana hehe..

    Biasanya yang mendapatkan uang yang fokus ke bisnis online secara konsumen di dumay itu tak terbatas selalu bertambah dan pemasaran nya bisa lebih yahud..

    Kalau dibilang pemalas bisa juga, jadi lalai dan ngga inget waktu.. secara internet udah kaya kebutuhan sehari-hari, ada sebagian orang yang galau dan mati gaya kalau sehari aja engga bisa akses internet. tentu semua kembali ke pribadi masing-masing untuk meminimalis rasa malasnya dan inget masih punya dunia nyata dan segala kegiatannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups setuju, pastinya ada nilai positif & negatif-nya tergantung kitanya :)

      Tapi kalau gak 'ngenet' sehari aja emang kadang rasanya mati gaya hahaha

      Hapus
  5. coba survey online, aku juga lagi coba coba hehehe (walaupun belum dapat uang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, kebeneran kemarin ada temen yang kasih Link bagaimana mendapatkan uang dari internet.

      jadi aku juga mau coba-coba ah cari duit dengan berinternetan hehehe :)

      Hapus
  6. Untuk No. 1 itu kasuistik...
    Bisa iya bisa nggak.
    Kalau setelah katif main komputer kok pekerjaan lainnya banyak terbengkalai, maka boleh dikatakan dia pemalas.
    Tapi jika tak mengganggu kewajiban lainnya, maka ya tak bisa dikatakan pemalas.
    Dengan apapun, kalau memang ada keahlian ya bisa dapat uang.
    Yang pintar nggitar bisa dapat uang dari main gitar, yg jago komputer / internet pastinya ya bisa dapat uang juga. Tergantung niat, usaha dan nasib baik.
    Yg No. 3 ada banyak cara.
    Kalau blognya dirawat, pastinya bisa untuk review, dipasangi iklan dll.
    Tapi jangan percaya iklan yg sebulan dapat puluhan juta tanpa kemana2...
    Kalau mau dapat uang dari internet yang paling realistis ya bekerja sebagai Penjaga Warnet; Buka Titipan Motor di Warnet; Ngamen di Warnet atau kalau ada modal ya bikin Warnet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh bener banget mas, setuju :)

      Tapi kalau harus ngamen di warnet hehheehe jangan atuh ah, gak kreatif itu mah ... haha :)

      Hapus
  7. tergantung orangnya juga sih mau dibilang malas atau tidak. dari internet bisa kok menghasilkan uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba' setuju balik lagi ke pribadi masing-masing :)

      Thanks ya urun rembugnya semoga ini bisa menjadi masukan buat temanku itu. Thanks sekali lagi

      Hapus
  8. he he he

    ehm kak masih sempet saja bikin bio saya di blog kak , ya itu lah kak ? saya termasuk orang beruntung lho kak di beri Kesempatan oleh TUHAN untuk rasakan tantangan dari TUHAN > sedikit yang buat saya termotivasi karena saya bayak bertemu dengan orang2 hebat, kak ! termasuk kak saya bersyukur bisa bayak belajar bayak dari kak . itu hal yang sangat berarti bagi saya . saya hanya belajar secara otodidak , saya hanya belajar bayak dari internet kak , karena hidupku tak ada batasaan . saya hanya ingen sidikit lebih baik dari masa lalu saya kak . kak tau ngga , TUHAN udah tentukan Takdir saya kak dan TUHAN ambil adil dalam hidupku . ya 90% campur tanggan TUHAN dalam Takdir saya dan hidup saya . saya masih inget dengan pesan sahabat saya kak ? (saya boleh miskin harta tetapi saya ngga mau miskin ilmu) . itu motivasi buat saya untuk terus berusah belajar untuk jadi orang yang sedikit libih punya ilmu dan punya wawasaan . mukin tidak mudah tapi ngga ada yang mustahil kan di dunia ini , mukin saya tidak punya kesempatan seperti orang2 itu tetapi saya berusah untuk , kejar mimpi itu . mukin saya belum bisa pecahkan telur itu , tapi saya yakin telur itu pasti akan menetas juga pada akhirnya . saya hanya menggejar sebuah edukasi yang ada di internet tempat saya belajar , berbagi dan bertemu dengan KAUM INTELEKTUAL . misi satu hari bisa selesaikan itu semua hal dalam satu hari bagi saya itu luar biasa , seperti geme ada star dan finis

    BalasHapus
  9. Akhirnya kamu baca juga tulisan ini, aku yakin kamu bisa ambil hal positif dari jawaban-jawaban sahabat blogger diatas. Aku juga senang kalau kamu HAUS akan ILMU, aku dukung semangat kamu itu de.

    Bergaulan dengan orang-orang yang PINTAR karena kamu akan KETULARAN pintar-nya mereka (aku juga tentunya, hehe)

    Aku juga seneng loh de punya banyak teman para blogger, karena rata-rata mereka pengetahuannya jauh diatas orang yang tidak menulis.

    Jika seorang dokter menulis maka ia akan berbeda dengan dokter yang tidak menulis. Jika seorang guru menulis ia juga akan berbeda dengan guru yang tidak menulis. Jika seorang OB menulis maka bisa dipastikan juga ia akan menjadi berbeda dengan OB-OB lainnya, ia akan terlihat lebih cerdas dan lebih berilmu tentunya dari lainnya.

    SO, hayulah mulai menulis karena dengan menulis kita akan hidup sepanjang masa. Raga boleh mati tapi Ilmu harus mengalir sepanjang jaman ... (halah jadi ngelantur euy)

    Ok de, aku percaya kamu akan meraih semua mimpi-mimpi kamu, karena MIMPI itu DOA dan kamu sudah punya DOA untuk mimpi-mimpimu itu seperti yang pernah aku tulis disini :
    http://myemdi.blogspot.com/2012/04/mimpi-itu-doa.html

    Semangat de raih mimpimu chayoo .... :)

    BalasHapus
  10. wahhh, kalo saya di depan laptop dan terhubung internet saya senang banget sob, karena saya memiliki rasa ingin tahu yg besar untuk mencari ilmu-ilmu di internet..
    dan suatu saat ilmu itu pasti ada gunanya dan bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip aku setuju juga sob .. :)

      Ilmu apapun yang sifatnya positif pasti sekarang ataupun kelak pasti bermanfaat ^-^

      Hapus
  11. Kalau bermain dalam dunia internet, apalagi buat menghasilkan uang. Perlu keahlian dan keterampilan khusus. Tapi semua bisa dipelajari. Sebenernya kita para newbie juga sedang belajar. Belajar di page rank dan akan mendaftarkan ke google adsense juga nantinya. Insyaallah.

    Buat jualan juga bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju semua bisa dipelajari tapi kalau aku sih maunya ada yang ngajarin juga jadi bisanya cepet hehe :)

      Hapus

Kunjungan anda adalah harapan bagi saya, tinggalkan jejak anda pada kolom komentar sebagai tanda harapan buat saya. Dan, semoga ini bukan harap-harap cemas :)
Dan diatas semua harapan, saya haturkan terimakasih atas kunjungannya :)