Translator

Rabu, 29 Februari 2012

Si Bodoh dan Si Stupid


Judul kok ngono amat sih, itu kan artinya sama ? . Begitu kira-kira sahabat membaca judul postingan ini. Tapi biarin aja ya , sekali-kali saya pengen mengekpresikan isi cerita disini dengan judul diatas, nyambung 'enggak nyambung sak sak ne  #artinya apa tuh sok jawanis banget sih hehe.

Saya jadi tertawa sendiri , waktu mengingat-ingat kejadian lucu masa lalu. Saya pernah punya pengalaman yang bisa dibilang bodoh bin stupid, tapi bukan stupid yang ini ya # kalau ini sih orangnya cerdas  bin pinter # ,   yang bisa bikin geli sendiri . Pengalaman ini mungkin bisa, atau bahkan, pernah terjadi pada siapapun, termasuk para sahabat. 

Kejadian-kejadian konyol ini , sebenarnya sama saja dengan membuka aib sendiri, tapi segala sesuatu menjadi layak diperbincangkan kalau itu sudah menjadi buah bibir #  hihi infoteinment mode on :D . Tanpa banyak berbasa-basi, saya tampilkan saja aib saya itu disini (hihi aib kok dibuka-buka ya ? biarin wee !) :

  •  situasinya : Di kedai tukang sate ; mau memesan sate 
·      Ketika saya tiba, saya melihat si tukang sate sedang mengupil, karena sepi sayapun segera memesan : "Bang upil-nya 15 tusuk" kata saya dengan lantang. Hah! tukang sate mengerutkan dahi tanda gak setuju ( atau mungkin dia malu kali ya ke-gep sedang asik ngupil oleh saya  # hiiiii yang jelas, saya juga muaalll bang hehe )

  • situasinya : Di kamar tidur seorang teman perempuan ; sedang bertandang 
·     Lagi asik mendengarkan musik di kamar, telpon berdering di dalam kamar tersebut, karena tidak ada si empunya rumah ,sayapun berinisiatif mengangkatnya, terdengar suara seorang laki-laki dari ujung telpon “ Dari siapa ya mas ? “ tanya saya,  “Dari Lani sahut suara dari sebrang telpon, “Mas ini perempuan atau laki-laki ya” tanya saya lagi ( ini jelas banget pertanyaan bodoh, udah jelas mas itu buat laki-laki ) , “Laki-laki-lah mba” terdengar suara bernada kesal dari si pemilik suara, yang katanya bergender laki-laki tapi memiliki nama perempuan tersebut (hihi maaf ya mas, abis saya bingung suaranya sih cowo tapi namanya itu loh … idiiihh rumpi deh!  Atau jangan-jangan nama lengkapnya Andre TauLANI  hehe gak tau juga ah )

  • situasinya : Di Rumah Sakit  Ibu dan Anak ; sedang menjenguk teman yang melahirkan
·     Sambil duduk terkantuk-kantuk, telinga saya sempat menangkap nama-nama pasien yang dipanggil seorang suster manis ; “ Anak Gede Agung, Anak Doni Nugraha”,  begitu nama-nama pasien tersebut dipanggil. Setelah beberapa lama si suster kembali memanggil nama-nama pasien “Anak Rassya Kinanti, Anak Ni Luh Paksi” terdengar suara suster manis tersebut memanggil. #Loh kok nama depan semua pasien hampir sama ya, pakai ANAK semua, apa itu nama orang Bali ? begitu otak saya bertanya .  Belum sempat pertanyaan tersebut saya lontarkan pada teman saya, saya akhirnya tersenyum-senyum sendiri #Lah ini kan RSIA, pantes aja nama depan semua pasien sama  pakai ANAK , yang artinya menunjukan identitas anak-anak, hihi dasar stupid banget sih saya ini. Malu ah, tutup muka.

  • situasinya : Di Jalan ; sedang mencari alamat seorang teman
·  Setelah beberapa lama saya mencari-cari dan tidak juga menemukan alamat yang saya cari, akhirnya saya putuskan untuk bertanya saja,  beruntung, saya melihat seorang perempuan yang sedang berjalan kaki. Saya menghampirinya dan segera bertanya : " Bu, kalau jalan Gendut dimana ya ?" tanya saya. Bukannya menjawab , ibu ini malah marah - marah pada saya dan pergi tanpa menjawab pertanyaan saya tersebut. Saya terkesima, kaget campur bengong, setelah sadar sayapun tertawa terpingkal-pingkal, pantas saja si ibu marah,  ternyata pertanyaan saya tersebut, membuat si ibu tersinggung (maaf, si ibu ini jelalah badannya over weight alias gendut, maaf !) #padahal yang saya cari memang jalan Gendut beneran kok, aahh ibu  sensi gitu sih , maaf hehe.

  • situasinya : Di Gedung Bioskop ; Lagi nonton film romantis
·    Film sudah dimulai,  dan suasana rasanya semua terbawa romantis. Sepasang kekasih yang duduk di depan saya terdengar sedang berbincang, saking seriusnya mereka bicara , tanpa mereka sadari telah mengganggu penonton lain , terutama saya yang posisi duduknya tepat di belakang mereka, jadilah saya penonton utama mereka. Karena saya sangat merasa terganggu , akhirnya saya putuskan untuk menegur "Mas, mba,  maaf suaranya 'enggak kedengeran" kata saya dengan hati-hati. Tanpa saya duga, mereka berbalik ke arah saya, dan dengan pandangan mata marah mereka menjawab "Ini urusan pribadi !, mba 'gak usah ingin dengar suara kami , dan 'gak usah ikut campur" katanya. Hah! mata saya melotot lah wong yang saya maksud suara di film yang jadi 'gak kedengaran bukan suara mereka kok.  # Idiiih kepedean amat sih ni orang, dodol hehe.


Nah itu adalah sedikit pengalaman-pengalaman lucu saya, yang
pernah di putar dalam salah satu scene hidup saya.
Sahabat pastinya pernah mengalami hal-hal lucu juga dalam hidup,
hayulah bercerita, saya mau dengar juga.

Kamis, 23 Februari 2012

Timeline si tampilan baru yang 'gak nyaman


Loh, kok tampilan pesbuk saya berubah ? begitu pertanyaan yang muncul pertama kali, ketika tampilan facebook saya berubah. Tanpa banyak basa-basi saya langsung tanya sana - tanya sini, bagaimana cara mengembalikan ke tampilan semula, hasilnya nol. Seingat saya, saya tidak pernah menyetujui untuk perubahan tampilan baru ini, tapi entah karena apa, tampilan sudah berubah sendiri ke tampilan ter-anya"timeline" ,  yang katanya sih belum resmi diluncurkan itu, tapi sudah banyak dipakai orang   ( pssst jangan-jangan saya secara tidak sengaja telah meng-klik kronologi untuk tampilan baru itu, tapi saya lupa. Tau ah gelap ).

Gara-gara tampilan baru pada akun pesbuk saya ini, membuat kepala saya sedikit pusing  dan saya-pun merasa galau mode on :D .  Suka tidak suka, saya  harus menerimanya. Menerimanya bukan berarti saya pasrah begitu saja. Saya telah berusaha mencari tips-tips cara mengembalikan tampilan pesbuk tersebut, tapi kebanyakan tips yang diberikan sulit ; tidak efektif dan tidak membuahkan hasil. Bahkan, ada malah yang fraud alias penipuan supaya kita meng-klik blog mereka,  setelah masuk ... halah, tips yang diberikan boong besar. Sebel abis. Kalau sudah begini,  saya pasrah ; pasrah sepasrahnya deh.

Kembali ke penampilan si timeline ini, sebenarnya tampilannya sih sangat keren punya dan perlente (sahabat semua pasti tau itu :D) ; itu kalau dia disamakan dengan manusia loh. Penampilan keren dan cukup modis ini tidak lantas membuat saya jatuh cinta, tetapi malah membuat saya tidak merasa nyaman dengan kemodisannya ini. Mungkin bagi pecinta tampilan baru timeline,  saya ini aneh  # lah wong penampilan dibuat keren kok malah gak mau ; pikir mereka , tapi biarlah orang lain bilang saya aneh ; pokoknya saya tetap merasa tidak nyaman. titik .

                   "Zuckerberg" bergaya dengan tampilan teranyar-nya "timeline"

Ketidak nyamanan saya ini, saya coba ungkapkan pada beberapa teman saya , yang mempunyai tampilan anyar seperti saya, tapi tak dinyana mereka juga merasa menyesal telah meng-klik kronologi tampilan barunya pesbuk tersebut ( Ehhh ... ternyata ke"galau"an saya tidak sendiri ). Setelah obrol sana-obrol sini , saya putuskan untuk tidak berusaha mengubah tampilan baru ini kembali ke tampilan yang lama, karena ada salah satu teman saya yang telah mengikuti tips dari salah satu blog tertentu dan hasilnya akun pesbuk-nya hilang dan tak kembali (kalau ini sih, namanya nasib kali ya hehe :D). 

Karena pengalaman teman saya tersebut tidak ingin terulang pada saya, saya akhirnya memutuskan untuk menikmati tampilan baru timeline ini ; sambil belajar menjajaki dunia baru "timeline" tentunya.
Saya tau, ketidak nyamanan yang timbul ini, akibat kegaptekan saya saja, sehingga ketika sesuatu disunguhkan lebih baik dari sebelumnya, membuat saya malah 'ngak nyambung akan kecanggihan dunia technologi ini #haduh jadi ngelus rambut deh , iya masa dada mulu hihi.

Hah, dari pada pusing memikirkan si timeline sendiri saja, saya mencoba berbagi dengan sahabat (susah kok dibagi-bagi ya, maaf hehe).

Mungkin sahabat punya pengalaman sama seperti saya ?, atau mungkin sahabat telah menemukan kenikmatan baru  dengan penampilan si timeline ini ? # saya tidak tau.
Jadi, saya tunggu saja cerita dan pengalaman para sahabat disini.


Salam





Rabu, 15 Februari 2012

Tan Malaka

Siapakah Tan Malaka itu ? pertanyaan itu datang lewat sebuah pesan singkat di telpon genggam saya, dari seorang teman  yang belakang ini kontinitas komunikasinya sedang intens dengan saya lewat pesan singkat. Otak saya langsung berusaha mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, hasilnya nihil. Tidak mau tidak memberi jawaban, saya berusaha menangkap satu sinyal di otak saya yang memberi jawaban atas pertanyaan tersebut  Sultan Iskandar dari Makasar kah  ?! -  sinyal itu berkata, saya-pun segera meng-copas sinyal tersebut dengan menambahkan kata  " tahu namanya tapi detailnya siapa dia saya tidak tau "  dan pesan singkat itu-pun segera saya kirim.

Jawaban yang saya kirim itu ternyata tidak tepat (maksudnya salah) , bahkan Sultan Iskandar Muda itu bukan dari Makasar tapi dari Aceh, dan beliau juga bukan Tan Malaka. Sadar ternyata pengetahuan sejarah saya sangat miskin, saya-pun berusaha segera mencari tahu siapakah Tan Malaka tersebut. Tujuan pertama saya kemana lagi selain melancong ke negerinya mbah google.

Sepulang dari negerinya mbah google , saya mendapat oleh-oleh dari beliau sebundel " sejarah Tan Malaka " , dengan pesan di dalamnya - harap di baca ya cucuku -  (mbah tau, saya malas baca)
Sahabat, ini memang bukan tanggal 10 Nopember yang adalah hari Pahlawan atau tanggal 17 Agustus  yang adalah hari Kemerdekaan, tapi karena pertanyaan teman saya tersebut rasa Nasionalisme saya terusik dan rasa penasaran itu lumayan terbayarkan oleh oleh-oleh-nya mbah google. 

Dengan bekal pengetahuan dari mbah google itulah ,saya menjadi sedikit melek tentang  siapa Tan Malaka itu - seorang pemilik "IDE" berdirinya negeri ini  Indonesia  - dan masih banyak lagi cerita-cerita heroik  di balik namanya.

Saya akui bahwa pengetahuan sejarah saya sangat minus, saya merasa beruntung juga mendapatkan pertanyaan dari teman saya tersebut   - "  karena sedikit banyak membuat saya mencari tau  "  - 
 
Sahabat, bagaimana dengan anda ? apakah anda cukup tahu tentang sejarah para pahlawan kita ? tahu atau tidak yu berbagi dengan saya disini.

Salam


Selasa, 14 Februari 2012

Valentine's Day

Heh ... !!  hari ini kan Valentine's Day, terdengar dari arah samping saya suara dari salah satu teman saya berbicara dengan sedikit berteriak.
Terus ... ??  saya balik bertanya. Memangnya kita gak akan ngerayaan nih ?? balasnya. Merayakan  ?  mata dan jidat saya langsung berkerut   ......... # halah opo iki , aku ora  ngertos #

Karena penasaran apa sih sebenarnya Valentine's Day tersebut , akhirnya saya memutuskan untuk bertanya pada Om Wikipedia, beruntung si om lagi santai dan dengan penuh kesabarannya mencoba segamblang mungkin mengungkapkan sejarah Valentine' s Day tersebut pada saya.

Ini dia penjelasan dari si om Wikipedia tentang "Hari Kasih Sayang" itu,

Yuk kita baca bareng .......

Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine's Day) atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Beberapa pembaca mungkin ingin membaca entri Valentinius pula. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir Abad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan.
Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk "valentines". Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido (Inggris: cupid) bersayap. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu miliar kartu valentine dikirimkan per tahun.[1] Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.
Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan cokelat. Mulai tahun 1980-an, industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.
Sebuah kencan pada hari Valentine seringkali dianggap bahwa pasangan yang sedang kencan terlibat dalam sebuah relasi serius. Sebenarnya Valentine itu merupakan hari Percintaan, bukan hanya kepada pacar ataupun kekasih, Valentine merupakan hari terbesar dalam soal Percintaan dan bukan berarti selain valentine tidak merasakan cinta.
Di Amerika Serikat hari raya ini lalu diasosiasikan dengan ucapan umum cinta platonik "Happy Valentine's", yang bisa diucapkan oleh pria kepada teman wanita mereka, ataupun, teman pria kepada teman prianya dan teman wanita kepada teman wanitanya.

Nah itu sedikit penjelasan dari om Wikipedia , sebenarnya Ia menjelaskan lebih banyak lagi dari itu, cuma cukup segitu dulu aja ya saya membaginya buat sahabat,soalnya saya tau sahabat semua kenal kan sama si om Wikipedia, dan sahabat  bisa bertanya langsung pada nara sumber-nya ketimbang dari orang ke-sekian seperti saya ini . 
Benar tidak sahabat ? (sepertinya tidak perlu jawaban nih).


Ya Sudah , saya akhiri dulu tulisan saya ini.

Salam

Kamis, 09 Februari 2012

Pertanyaan Seorang Teman


Seorang teman, laki-laki muda dan masih single bertanya pada saya  , "Apa sih yang dicari seorang perempuan dari seorang laki-laki ?" tanyanya, saya terkaget-kaget dengan pertanyaan yang tak terduga tersebut. Saya diam. Merenung. Tak bisa menjawab. 

Pertanyaan diatas tersebut, sungguh membuat saya terusik dan bertanya-tanya pada diri sendiri -- " iya, apa yang sebenarnya yang dicari ? " --  beri saya waktu untuk menjawab,  balas saya.

Seharian setelah saya mendapatkan pertanyaan itu, saya masih belum bisa mendapatkan jawabannya. Pertanyaan ini sempat saya coba lontarkan pada seorang teman perempuan , dengan nada bercanda teman saya menjawab " yang dicari eemmm ... ya itu yang tidak ada pada perempuan ", jawabnya santai. Maksudnya ?? tanya saya  dengan sedikit penasaran. Teman saya menjawab, lah kalau hidung ,mulut dan yang lainnya kan sama punya, nah yang tidak punya di perempuan itu apa ?? katanya balik bertanya dengan wajah cengengesan. Haahh !! saya terbelalak kemudian ikut tertawa (maaf tidak bermaksud pornografi) .

Sahabat, mungkin ini sebuah pertanyaan "sederhana", tapi cukup sulit bagi saya untuk menjawabnya.

Jika sahabat punya jawabannya, please .... beri saya pencerahan sehingga saya bisa membaginya pada teman laki-laki saya tersebut. 

Jawaban semua sahabat, sungguh saya tunggu.

Terimakasih.







Selasa, 07 Februari 2012

Happy Birthday


Hari ini adalah hari lahir saya dan juga hari jadi pernikahan saya dan suami.
Sekedar untuk memperingatinya dan mengenang kembali perjalanan hidup saya dan keluarga kecil kami, saya ingin mengucapkan "Selamat" buat diri saya  sendiri yang berulang tahun ke ... (walaaah malu ah wes tuwe) , dan tentu buat pernikahan kami, yang baru berumur seumur jagung ini ( Sssst memasuki tahun ke-5 loh, yang dulu dilangsungkan di Jakarta pada hari Rabu tanggal 07-02-2007), jadi ijinkanlah saya mengucapkannya untuk saya pribadi & keluarga kecil kami.

Happy Birthday to my self
   &
Happy Wedding Anniversary to Us  
(me and my hubby of course hehehe)

Terimakasih kepada Allah  my Lord, yang telah memberikan : usia, kesehatan,  dan satu keluarga kecil yang bahagia. Terimakasih juga buat suami tercinta yang begitu setia dan sabar terhadap saya. Terimakasih buat anak kami tercinta  yang telah memberikan kebahagiaan didalam keluarga kecil kami bahkan seluruh keluarga besar kami. Terimakasih buat keluarga besar saya yang telah dengan setia mendukung keluarga kecil kami.

Terimakasih ya Allah, Engkau sudah memberikan kepada saya "satu keluarga kecil yang bahagia", meski mungkin secara materi  kami belum cukup mapan, tetapi kami cukup merasa BAHAGIA (bukan bermaksud menghibur diri loh .... hehehe).

Dan disini saya ingin menampilkan  foto keluarga kecil kami.
Ini dia foto keluarga kecil kami (tapi maaf ya ... fotonya yang ada di PC cuma ada satu ini saja)

Ya, itu sedikit ungkapan terimakasih saya. Semoga saya dan keluarga selalu dalam keadaan baik, bahagia & sejahtera. Amin.

Ini cerita saya, bagaimana dengan teman-teman ???

Rabu, 01 Februari 2012

Ayo menulis



KONTES CERITA UNIK BELANJA http://bloggerpemula.com/871/kontes-cerita-unik-belanja, mata saya tertumpu pada tulisan ini, senang betul saya membacanya, bahkan mata saya cukup berbinar-binar membacanya, emmm tampaknya mata saya ini "tertarik" dengan isi tulisan ini, tapi belum selesai membaca semua tulisan ini, tampak raut wajah saya jadi berubah sedikit berkerut  dengan mata menyipit -  jadi enggak enak 'ni muka dilihat  - asem -  hehehe ....  ya, wajah saya jadi terlihat kecut setelah membaca "syarat" yang harus dipenuhi oleh peserta, bahkan itu adalah syarat nomor satu loh, ini dia  isi syaratnya  :

1. "Blog kawan-kawan sudah memiliki artikel sebelumnya minimal 25 artikel jadi bukan blog dadakan hee hee Kontes Cerita Unik Belanja 

Waduh .... ini toh yang membuat wajah "manis" saya jadi berubah "asem"  (hehe maaf saya memuji diri sendiri dengan kata "manis", habis air laut siapa lagi yang "menggarami"), padahal asli loh ... tuh muka lagi gak pakai masker asem hehehe.

Syarat diatas seakan menyadarkan saya akan betapa sedikitnya "artikel" yang ada di blog saya. Kecewa itu pasti dan itu mungkin kata yang tepat untuk mewakili raut wajah saya yang asem saat itu. Gambarannya kira-kira seperti ini wajah asem saya saat itu.


Tapi apakah itu salah  sang penyelenggara, ?  - oh no -  tentu bukan teman-teman, syarat ini justru menyadarkan saya akan ketidak seriusannya saya dalam mengelola blog saya, blog yang awalnya dibuat dengan "semangat" yang luar biasa itu. Semangat yang awalnya ditularkan oleh bapak Isa Alamsyah http://www.facebook.com/?ref=tn_tnmn#!/komunitasbisa , tapi sayang disayang "semangat"  itu malah terkalahkan oleh berbagai macam alasan yang yang dibuat. No Excuse Mom !!!.

Maka, saya sangat berterimakasih pada penyelenggara "KONTES CERITA UNIK BELANJA" karena dari situ saya sadar, bahwa saya harus mulai produktif menulis, meski tulisan saya tidak sebagus tulisan orang lain, tapi setidaknya saya sudah mulai menulis menulis dan menulis.


Note : Hai aku ... hayu-lah menulis.