Translator

Jumat, 28 Februari 2014

Dialog Cerdas



Sudah lama saya jarang bersosialita di pesbuk, penyebabnya macam-macam. Tapi semalam saya tergelitik membuka notifikasi pesbuk di jendela android hp saya yang datangnya dari grup komunitas Bisa Menulis (KBM), grup yang memang saya favoritkan sejak saya punya pesbuk.
Dulu, setiap hari saya selalu mendapat kiriman tulisan yang inspirasional dari grup KBM ini di inbox pesbuk saya, tetapi sejak kebijakan dan halaman muka pesbuk berubah semua tulisan tidak bisa saya terima lagi di inbox, dan itu membuat saya mulai malas dengan yang namanya pesbuk. Tetapi semalam tanpa sengaja saya mengklik notifikasi tersebut dan ternyata ada satu tulisan yang dikirim oleh mas Isa Alamsyah yang inspirasional dengan judul :


"Tips Menulis: Membuat Dialog Cerdas" 

Salah satu kekuatan cerita adalah dialog, dan dialog yang bisa membuat cerita kuat adalah dialog yang cerdas (hal lain yang penting adalah dialog yang natural - alamiah, tapi yang dibahas di sini dialog yang cerdas)
Saya akan mulai dengan dialog yang saya lihat dari film Robocob semalam.
Saat itu Murphy tokoh utama menangani kasus kejahatan, padahal kasus itu sudah ditangani dua temannya sesama polisi selama dua tahun tanpa hasil.
Ketika kedua temannya protes ke kepala kepolisian, Murphy yang sebentar lagi mengungkap kasus ini berkata.
"Kasus ini sudah dua tahun kalian tangani dan tidak ada hasilnya sama sekali> kemungkinannya cuma dua, kamu bodoh atau kamu korupsi!"

Menurut saya kalimat "kemungkinannya cuma dua, kamu bodoh atau kamu korupsi!" itu cerdas, apalagi kalau mendengar dalam penuturan dalam bahasa Inggrisnya.

Ada dialog lain.
Singkat cerita Murphy akhirnya terkena bom. Tidak ada harapan hidup kecuali dirinya dijadikan robot. Badannya diubah menjadi robot hanya otaknya dan wajahnya yang manusia.
Untuk mewujudkan rencana tersebut, perusahaan robot harus meminta izin pada istrinya.
Sang istri gusar, lalu berkata.
"Ini keputusan berat, saya butuh waktu untuk berpikir."
Mendengar kata sang istri negosiator perusahaan menjawab,
"Maaf, tapi justru waktu adalah sesuatu yang tidak kita miliki!"

Saya gak tahu teman-teman bisa merasakan atau tidak kecerdasan dialog di atas, tapi itu contoh dialog cerdas yang bisa saya samapaikan.

Kalau butuh satu contoh lagi saya ambil dari buku sakinah bersamamu.

Bibir Mas Danu kembali bergerak-gerak...lalu lagi-lagi terdiam.
Aku terdiam melihatnya.
"A...ku enggak bisa Dinda!"
"Kenapa?" suaraku gemas.
"Enggak fokus," kilahnya pendek.
"Enggak fokus apa enggak bisa?"
Mas Danu diam lagi. Lalu
"Enggak bisa fokus"
Kalimat terakhir itu dialog cerdas.
Ini sepenggal kisah suami yang gak pernah sanggup bilang I love you pada istrinya karena pendiam.

Semoga bermanfaat.
Sori kalo banyak typo buru buru ada wawancara. Salam


Dan di bawah ini ada beberapa percakapan antara saya dan mas Isa :

Marchia Diandra Thanks ilmunya mas Isa Alamsyah, hanya orang cerdas pula yg mampu merasakan dialog cerdas itu seperti mas Isa Alamsyah, Mas bhs. Inggrisnya bisa di posting jg supaya pembaca bisa merasakan bobot cerdas kalimat aslinya, terimakasih


Isa Alamsyah Marchia Diandra itu masalahnya dialog di film jadi gak ada teksnya = tapi kira kira begini "You've been in the case for two years and got nothing. Either you are dumb or corrupt!" satu lagi "I need time to think abou it" lalu dijawab "Well my dear, unfortunately time the only thing we don't have right now!"

Isa Alamsyah contoh lain dialog di film Desperate House Wife ketka tokoh utama (Susan) marah ke duru lukisnya yang tidak peduli dengan anak lelakinya sama sekali dia marah sambil bilang "Your son is not a novel that you can just throw away when you get bored!" Anak itu tidak seperti novel yang kamu bisa buang kapan saja kalau kamu bosan!"

Dialog cerdas shakesspeare bahkan melegenda sampai sekarang "Apa arti sebuah nama, mawar akan tetap indah apapaun kit asebut namanya!"

Cerdas bisa berarti nendang, dalem, filosofis, argumentatif, keren, mencerahkan, tajam, dl
 
Marchia Diandra Mas Isa Alamsyah saya pernah nonton film tv serial mac gyver, dalam film itu ada adegan lawan main gyver yg terperangkap dalam sebuah mobil yang posisi body mobinya setengah menjuntai ke jurang, disini gyver mencoba menolong sang teman yg terperangkap di dalamnya tetapi setelah beberapa lama gyver mencoba menolongnya dan tak berhasil juga maka gyver berhenti sejenak dan berkata (teks inggrisnya gak tau) : Jika kamu ingin ditolong, kamu harus menolong diri kamu sendiri (disini gyver mengulurkan tangannya kembali untuk menolong dan lawan mainnya pun berusaha menggapai tangan gyver dengan sekuat tenaga yang sebelumnya tidak Ia lakukan)
Nah, menurut saya ini juga dialog cerdas mas 

Isa Alamsyah Marchia Diandra ada istilah umum "help yourself before help others: ada juga "help me mc gyvernya tapi mungkin begitu to hep you" kalau di pesawat ada istilah "pakai masker pernafasan untuk diri sendiri sebelum memakaikannya ke anak" saya lupa adegan

Isa Alamsyah Film Friends, Rachel dan Phoebe melihat salah satu pacar Joey yang sangat menyenangkan dan mereka sangat merekomendasikan Joey untuk menikahinya. Joey yang gak suka perempuan itu enggan. Kemudian Rachel memberi tambahan info untuk menyemangati Joey"Joey, she speaks four lang dialog cerdas - artinya: "cewek itu bisa bicara 4 bahasa", lalu Joey menjawab "And you know what guys want?" dan kamu apa yang pria inginkan - itu cerdas - kalimat Joey artinya mana cowok peduli cewek bisa berapa bahasa, karena itu bukan hal yang dipedulikan cowok

Isa Alamsyah Ada juga dialog cerdas di film lupa judulnya - tentang orang tu alelaki yang bercerai dengan istrinya - suatu hari saat giliran sang ayah yang menjaga satu-satunya tersebut sang anak baru saja mandi dan pertama kali mulai berjalan dalam keadaan telanjang> sang ayah lalu merekamnya dalam video> ternyata oleh keluarga istri sang ayah dilaporkan karena dianggap pedofil (suka seks dengan obyek anak) Akhirnya sang ayah dibawa ke pengadilan dan harus menjelaskan kenapa ia mengambil gambar itu> Ia cuma bilang dengan penuh perasaan. "When I saw his firt walk, I shot it because I thought it would be one of the most important thng in his life> But then I realized that was one of the most important thing in my life" itu cerdas -"Ketika pertama kali saya melihat ia memulai langkah pertamanya saya mengambil gambar karena saya poikir ini akan jadi momen yang penting baginya (si anak). Tapi kemudian saya sadar, itu menjadi momen yang penting dalam hidup saya (sebagai ayah)" itu cerdas karena ungkapan ciinta yang tidak biasa.

Marchia Diandra Terimakasih mas Isa Alamsyah mencerahkan (menurut saya di film gyver itu artinya : orang lain tidak mungkin bisa menolong kita jika kita tidak ingin ditolong, maksudnya tanpa keinginan kuat dari dalam diri sendiri keluar dari masalah pertolongan dari orang lain akan jadi sia-sia) mungkin yg tepat :Help me to help you ya mas   


Itulah beberapa percakapan yang saya coba abadikan di blog ini, semoga ini bisa menginspirasi setiap yang membaca.


Hatur nuhun buat mas Isa, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman lainnya.



Salam,
Auntie "eMDi" Dazzling 



11 komentar:

  1. aku ke fb kalau ada yang mention aja :)

    BalasHapus
  2. keren ... byk sekali ya contoh Dialog cerdasanya mbak
    pas baca beberapa contohnya aku jd ingat waktu di pesawat dan ada peraturan ttg org dewasa hrs pakai mask dulu sebelum bantu anak kecil , tapi ternyata di bawah ada juga ditulis di sana :)

    BalasHapus
  3. Menarik, menarik.... Bisa berguna buat penulisan novelku yang baru.... Hehehe

    BalasHapus
  4. kok aku masih kurang percaya kalau ini tulisanmu Mba wkwkwkw,....
    Kalau kata mario teduh ini "super sekali" :D
    thx ya Mba..mencerahkan sekali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu benar, itu bukan tulisanku tapi ketikanku Nal hehe

      Hapus
  5. Dialog Cerdas atau gak menurut gue sih tergantung penuturnya. Tentu beda dialog antara politikus dan kuli bangunan. So, gak peduli audiensnya dari kalangan cendikia apa bukan.

    Toh kata shakespere, apalah arti sebuah dialog, politikus bisa aja cuma berdialog omong kosong dan janji palsu doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku sih dialog cerdas itu tentunya yang nendang dan bermanfaat, soal siapa penutur dan audiens aku rasa gak jadi patokan selama itu bermanfaat bagi semua. Klo politikus yg dialognya omong kosong itu artinya bukan dialog cerdas tapi dialog bodoh alias membodohi, gitu menurut saya mas eksak :)

      Hapus
  6. Mantep mantep sih filosofinya, dari mana aja kita kadang bisa ambil filosofi yang kaya gitu.. aku seneng mbak yang kaya gitu.
    Postingan yang bagus mba

    BalasHapus

Kunjungan anda adalah harapan bagi saya, tinggalkan jejak anda pada kolom komentar sebagai tanda harapan buat saya. Dan, semoga ini bukan harap-harap cemas :)
Dan diatas semua harapan, saya haturkan terimakasih atas kunjungannya :)

SAYA SUKSES - THE SECRET

The Secret - Rhonda Byrne Datangnya lebih awal. Di luar dugaan. Semesta telah bekerja begitu cepat buat saya. Ini adalah pelajaran berharga ...