Translator

Kamis, 03 November 2011

Jangan Mudah Tertipu



Hari ini pokoknya saya pingin menulis, menulis apa saja yang terlintas di pikiran. Ide tidak ada tapi keinginan menulis ini cukup besar  .... hmmmm apa ya yang bisa saya tuangkan di sini ( still no idea - dizzzyy***).

Dari kemarin saya mulai getol lagi buka twitter , jarang sekali saya buka twitter alasan utamanya adalah karena saya kurang mengerti  cara ber-twitter ria seasik ber-pesbuk yang jadi maskot utama  saya ... hehehe.
Di twitter saya bertemu dengan my niece Mega Kristiani namanya, dia bercerita ada kejadian lucu di Fery's home, begini ceritanya : ada telpon ke rumah yang mengatakan Fery  kecelakaan dan si penelpon minta di transfer uang sebanyak Rp.8 juta untuk biaya Rumah Sakit, kontan seisi rumah  (saat itu yang ada  : ibu,ayah,tante-nya Fery) shock dan bersedih, dalam keadaan masih khawatir,takut & bingung akhirnya diputuskanlah ayahnya Fery pergi ke sekolah dimana Fery bersekolah untuk memastikan keberadaannya. Sampai disekolah setelah bertanya pada guru disekolah dan dipastikan tidak ada kejadian kecelakaan yang menimpa murid mereka dan murid-murid pun sudah pulang lima menit sebelum kedatangan ayahnya Fery, akhirnya dengan perasaan masih tak tenang pulanglah si ayah, sampai di rumah tidak ada satu orangpun yang tampak selain suara petikan gitar  dari arah atas rumah, setelah masuk si ayah celingukan sambil menghampiri arah datangnya suara gitar dan ternyata sang pemain gitar adalah Fery .Gubbraakk !!

Penipuan. Ya, itu adalah salah satu bentuk penipuan yang mengatasnamakan suatu institusi tertentu, dan masih banyak  lagi penipuan yang menggunakan institusi lainnya ,beruntung keluarga Fery belum mentransfer dana seperti yang diminta sang penipu.Kejadian seperti ini banyak terjadi di masyarakat, dengan dalih kecelakaan para penipu meminta si korban untuk mentrasfer sejumlah uang, ada banyak orang yang sudah tertipu dan uangnya habis digondol penipu.

Dari kasus diatas kita bisa melihat, bagaimana jika kita dalam kondisi : takut,khawatir,tertekan mudah sekali tertipu dan tak berdaya. Nalar kita mendadak mandek.
Hal seperti ini bisa saja terjadi pada siapa saja, bisa pada anda atau pada saya sendiri. Ya, siapapun juga bisa mengalaminya.Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana kita bisa menyikapi hal-hal seperti ini dengan nalar yang baik sehingga kita tidak mudah tertipu daya.

Yuk kita coba bahas, hal-hal apa saja yang harus kita lakukan jika terjadi pada diri kita, agar kita tidak terjebak dengan hal-hal yang tidak kita inginkan :

1. Pastikan dari siapa atau darimana asal telpon.
2. Cobalah bersikaplah tenang
3. Jangan mentrasfer sepeserpun juga uang yang diminta si penelpon
4. Hubungi via telpon orang yang dikabarkan terkena kecelakan tersebut
5. Jika orang yang dikabarkan terkena kecelakaan tidak bisa dihubungi, hubungi orang-orang yang kita anggap tau keberadaannya
6. Jika kita buntu tidak bisa mendapatkan kepastian keberadaannya, hubungi rumah sakit yang dikatakan si penelpon
7. Pastikah apakah ada nama korban kecelakaan atas nama keluarga kita
8. Jika memang ada jangan serta merta mentrasfer dana yang diminta si penelpon, tapi datangilah rumah sakit yang dimaksud
9. Pastikan apakah nama orang yang dimaksud adalah benar anggota keluarga kita
10. Tetaplah bersikap tenang dengan situasi apapun yang terjadi, sehingga tindakan yang kita lakukan tepat dan terkendali, nalar kita bisa bekerja dengan baik.


Ini mungkin hanyalah sedikit rambu-rambu bagi kita, sehingga kita tidak terjebak oleh tipu daya. Semoga tulisan ini bisa mengingatkan kita untuk lebih waspada dalam menghadapi situasi yang tak terduga. 


 Salam



10 komentar:

  1. yup tenang, jangan panik dan berpikir pakai nalar jika kita mengalami kejadian seperti itu

    makasaih udah ingatin.. salam kenal

    BalasHapus
  2. @ Akbar : Thanks ya atas kunjungannya. Seneng banget dah dikunjungi.

    BalasHapus
  3. Makasih kunjungannya ke blog saya...
    --------------------------------------
    Teman saya pernah hampir tertipu oleh modus operandi seperti itu.
    Meski secara materiil nggak kena, tapi rugi waktu & tenaga

    BalasHapus
  4. kejadiannya bisadi jadikan pelajaran.

    salam kena lya ^^v

    BalasHapus
  5. mesti hati2 jaman sekarang nih. banyak tuti sih alias tukang tipu

    BalasHapus
  6. FB aku biasa cuma nongrong di group Warung Blogger klo twitter menurutku lebih cepat untuk mendapatkan informasih... yuk twitteran follow me ya klo berkenan pasti saya polbac. @SobatBercahaya

    Inget pesan bang Napi Waspadalah Waspadalah.

    BalasHapus
  7. Benar nduk, banyak orang yang ingin mendapatkan uang dengan cara menipu baik melalui internet maupun di daratan. Aaaaada saja akalnya.

    Tetapi benar tipsmu, hati2 menggelontorkan uang. Jika terjebak rayuan maut mereka bisa2 kita menjadi tarsan kota, gak kathokan.

    Termasuk di email. Jika email itu benar semuanya maka saya sudah kaya raya karena ada yang katanya saya menang ribuan dollar, dll.

    Berhati-hati jika ada orang yang meng-iming-imingi uang.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  8. @ marsudiyanto saja : thank you dah dikunjungi
    @ k[A]z : thaks ya dan salam kenal kembali
    @ Baha Andes : thanks ya, udah aku follow twitter-nya.
    @ Pakde Abdul Cholik : terimaksih banyak kunjugan dan supportnya.

    BalasHapus
  9. Cara berpikirnya begini nduk. Jika kita bangun pagi maka kia lakukan sesuatu yang bernilai ibadah. Jika subuh sudah tiba maka kita sholat dulu. Jika subuh belum tiba,kita bisa sholat fajar, sholat tahajud atau sholat hajat sambil menunggu datangnya sholat subuh.
    Jika sudah melakukan macam2 sholat dan belum datang waktu subuh, kita bisa masak dengan diniatkan bahwa masak untuk ibadah karena menyiapkan makanan untuk diri sendiri, suami anak dan orangtua, misalnya.Begitu subuh datang, hentikan dulu masaknya, sholat subuh dulu.

    so, begitu bangun pagi, lakukan kegiatan yang bernilai ibadah. Jangan nggosipin teman atau tetangga.

    Wallahu alam bishowab.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  10. @ Pakde Cholik : iya pakde setuju dengan cara berfikir pakde. Terimakasih atas pencerahannya.

    BalasHapus

Kunjungan anda adalah harapan bagi saya, tinggalkan jejak anda pada kolom komentar sebagai tanda harapan buat saya. Dan, semoga ini bukan harap-harap cemas :)
Dan diatas semua harapan, saya haturkan terimakasih atas kunjungannya :)

Youth Has No Age

Semangat Muda! Entah karena alasan apa, setiap saya pulang dari arah kebayoran lama ke arah Mayestik, tepatnya entah di sekitar ...