Translator

Jumat, 05 Juli 2013

Autodidak ? So what gitu Loh !



"Belajar itu gak harus diajarin. Belajar sendiri ... Autodidak. Kayak mba Dazz, ahli web."


Kata-kata ini diucapkan oleh Ari teman kerja saya sambil melirik dan tersenyum kearah
saya, ketika salah satu teman saya yang lain meminta bantuannya. Ucapan ini mungkin hanya sebuah guyonan belaka yang Ia tujukan buat saya, tapi saya anggap saja itu adalah doa darinya buat saya ... 'tul gak?  # thanks ya Ri doanya. Secara saya memang bukan ahli web ... boro-boro! Tetapi saya adalah seseorang yang keinginan taunya cukup tinggi, kepo gitu deh. Mungkin itu yang menyebabkan teman saya ini nyindir secara halus. # Ehh .. itu sindiran bukan sih Ri?!

Menyindir atau bukan saya sempat merenungkan kata-katanya ini. Dan rasanya mungkin kata-katanya tersebut benar adanya maksudnya bukan saya yang ahli web bahwa kita tidak bisa mengandalkan orang lain terus-menerus untuk membantu kita, tetapi setidaknya kita harus belajar meningkatkan kemampuan diri sehingga kita bisa berdiri di atas kaki sendiri. # mungkin itu maksudnya Ari ya?!



Autodidak ? So what gitu loh !!!   *image google


Dari omongan selintas ini, ternyata bisa dijadikan bahan renungan. Apakah kita pantas meminta bantuan terus-menerus, sedangkan kita tidak pernah menempa diri untuk lebih maju sehingga tidak tergantung pada orang lain?! # Think again.

Untuk Ari thanks inspirasinya. Semoga ini bisa memacu saya lebih kepo lagi ... ehh maksudnya lebih bisa meningkatkan kemampuan diri, sehingga gak sering-sering juga minta bantuanmu kawan ... piiss.  smile :)




My Note :  Memiliki teman pintar memang mengasikkan, tetapi jangan membuat diri terlena sehingga tidak mau belajar lebih  giat :)

 Salam,
Auntie 'eMDi' Dazzling


34 komentar:

  1. susah jg ya mbak, kl tiap saat minta bantuan terus, soalnya nggak tahu apa yg dimintain bantuan sebenarnya bisa dan mau bantu apa nggak, khan di sana orgnya nggak enakan kalau nolak , lagian skrg jg ada google :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya El sebenernya begitu tapi kita2 neh temen2nya khususnya cewek malah kayak ngandelin dia terus secara Ia yg paling pintar di bidang komputer :)

      Hapus
    2. emang enak ya mbak kl ada yg pinter di bidang komputer, aku termasuk msh gaptek, tp sering malu kl mau minta tolong, paling tanya saja, malunya tuh mbak kl aku dibilangin buat apa tuh ada google hihihi

      Hapus
    3. Hehe bener El,aku juga gaptek kadang lupa ada google klo gak tau langsung aja minta tolong sama temenku itu bukannya usaha tanya mbah google dulu hehe

      Hapus
  2. betul Mba..jgn sampe kita slalu mengandalkan orang lain..kita juga harus bisa sehingga kita bisa diandalkan oleh teman atau keluarga hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget Nal,makanya aku tuh belajar untuk bisa juga :)

      Hapus
  3. "Memiliki teman pintar memang mengasikkan, tetapi jangan membuat diri terlena sehingga tidak mau belajar lebih giat :)" .. setuju banget

    kialau gitu terus kapan kita majunya dengan usaha sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya klo ngadelin terus gak maju2 jadi terlena hehe

      Hapus
  4. autodidak perlu, belajar dengan bimbingan seseorang juga perlu...dan semua bisa dikombinasikan untuk mendapatkan ilmu yang kita butuhkan....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo ini lebih mantab ya kombinasi keduanya :)

      Hapus
  5. belajar autodidak akan menambah rasa percaya diri nantinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mksdnya usaha dulu sendiri klo dah mentok baru deh minta bantuan hehe ...

      Hapus
  6. notenya keren banget ! setuju bangetlah :)
    sukses deh kak :D

    BalasHapus
  7. Belajar Autodidak kadang malah lebih cepat penangkapan dan penyerapan ilmunya, apapun itu bentuknya yang penting semangat untuk belajar.

    Salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ... semangat ...!!

      Thanks supportnya mas :)

      Hapus
  8. Kita memang tak biasa hidup tanpa bantuan pihak lain, tapi ketergantungan itu harus proporsional, jangan semuanya digantungkan pada pihak lain.
    Dan dengan belajar secara autodidak, maka ketergantungan pada pihak lain itu sedikit2 akan makin terkurangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget pak Mars. Saya sebenernya tipe orang yang tidak suka tergantung tetapi jika itu memang sesuatu yang saya tidak bisa, maka saya akan meminta bantuan siapapun orangnya yang saya anggap mampu membantu saya ... tapi bukan manfaatin loh hehe :)

      Hapus
  9. Emang enakan belajar secara otodidak, tapi faktanya perlu bantuan orang juga.. Hahaha

    BalasHapus
  10. tapi bener mbak.. saya juga suka sungkan minta bantuan sama orang kalau bisa dikerjain sendiri ya sendiri aja.. tapi setidaknya nanti saya akan belajar agar kemampuan diri saya lebih meningkat lagi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, setidaknya berusaha dulu kalo dah mentok baru deh minta bantuan orang lain.

      Hehe resolusinya jadi sama dong dengan saya :)

      Hapus
    2. setiap orang pasti pengen jadi lebih baik lagi mbak.. kecuali jenis manusia yang suka dengan kestabilan dan berada di titik aman :D

      Hapus
    3. Biasanya orang ogah keluar dari zona aman mas bro ;)

      Hapus
    4. iya mbak tapi kalau gitu terus g akan ningkat deh kemampuan kita ya..

      Hapus
  11. Pas elo nanya, "tul, gak?" gue ngejawab, "tuuuuuuullllll....!"

    ya, emg musti gitu, Daz! Dan gue, "YESSS!!" :-)

    BalasHapus
  12. cerita kereenn
    salam kenal yaa
    kunjungi and follback ya
    http://anjoong.blogspot.com/
    thnks

    BalasHapus
  13. Belajar dimana saja, dan kapan saja, darimana saja. Mungkin gitu ya?
    Saya kadang juga gitu Mba, misal belajar nulis artikel, caranya ya baca2 artikel orang, cari inspirasi. Ato desain web, tanya dulu ke temen, trus dicoba sendiri.. :)

    Semangat Mbak, belajarnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes!Setuju sahabat belajar dimana,kapan dan darimana saja sumbernya adalah cara tepat untuk meningkatkan diri.

      Salam dari saya :)

      Hapus

Kunjungan anda adalah harapan bagi saya, tinggalkan jejak anda pada kolom komentar sebagai tanda harapan buat saya. Dan, semoga ini bukan harap-harap cemas :)
Dan diatas semua harapan, saya haturkan terimakasih atas kunjungannya :)

Youth Has No Age

Semangat Muda! Entah karena alasan apa, setiap saya pulang dari arah kebayoran lama ke arah Mayestik, tepatnya entah di sekitar ...